Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Tim SAR Gabungan Berhasil Padamkan Mobil yang Terbakar Hebat


Surabaya – Sebuah mobil sedan terbakar hebat paska mengalami masalah kelistrikan saat melaju di ruas jalan tol Surabaya - Mojokerto, pada Minggu (20/10) siang. Beruntung, sang pengemudi, Johan (42) berhasil menyelamatkan diri dari kejadian ini.

Johan pun kemudian menghubungi pihak Senkom (Sentra Komunikasi) tol Surabaya - Mojokerto (disingkat Sumo). Tidak lama kemudian, tim rekasi cepat tol Sumo bekerjasama dengan tim rescuer Kantor SAR Surabaya yang siaga di rest area tol Sumo menuju ke lokasi untuk melakukan langkah-langkah pemadaman.

Langkah-langkah pemadaman kebakaran mobil dilakukan secara simultan. Setelah dilakukan langkah pengamanan area sekitar dan pengaturan arus lalu-lintas kendaraan, tim gabungan segera melakukan pemadaman sumber api dengan cepat dan tepat.

Pemadaman dilakukan dengan menggunakan tiga buah APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Api yang melahap bagian depan kendaraan pun dengan cepat dipadamkan, sebab tim gabungan melakukan upaya sesuai prosedur.

Setelah api dipastikan benar-benar padam, bangkai mobil milik Johan ini pun dibawa oleh tim gabungan ke tepi jalan tol untuk dilakukan proses pendinginan. Dan selanjutnya, dievakuasi ke kantor pengelola ruas jalan tol Sumo untuk proses investigasi lebih lanjut oleh petugas Kepolisian.

Kejadian kebakaran mobil ini sempat membuat kemacetan di ruas jalan tol Sumo. Namun Anda jangan salah sangka terlebih dahulu, sebab ini merupakan simulasi dan bagian dari praktek materi Pemadaman Kebakaran yang diikuti para peserta Diklat VAR (Vehicle Accident Rescue) Angkatan III Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya.

Diklat Vehicle Accident Rescue ini diikuti oleh sebanyak 26 orang rescuer, baik yang bertugas di Kantor SAR Surabaya, Pos SAR Trenggalek, Pos SAR Jember dan Pos Siaga SAR Banyuwangi.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Prasetya Budiarto mengatakan, Diklat Vehicle Accident Rescue ini bertujuan agar agar para rescuer Kantor SAR Surabaya menjadi tenaga yang terlatih, berkompetensi dan profesional.

Lebih lanjut Prasetya mengatakan, penyelenggaraan Diklat  Vehicle Accident Rescue menjadi implementasi dari Misi Kantor SAR Surabaya untuk menyelenggarakan kegiatan Pencarian dan Pertolongan yang didukung oleh para pegawai yang terlatih dan profesional, serta dengan prosedur kerja yang mantab. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Pelatihan .
Pengunggah : surabaya
20 October 15:20 WIB