Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan "


RAPAT PEMBAHASAN REVISI BUKU SAR GOES TO SCHOOL VERSI BRAILLE


Rapat ini diselerenggarakan Senin, 27 Juli 2020 di Hotel Takes Mansion yang rencananya akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 27 – 29 Juli 2020 dan sudah mengikuti Protokol Kesehatan  Virus Covid-19. Dibuka oleh Abdul Haris Achadi selaku Deputi Bina Tenaga dan Potensi Basarnas didampingi  oleh I ketut Parwa selaku Direktur Bina Potensi Basarnas dan beberapa perwakilan dari BLBI ABIYOSO, BLBI Kemensos, SLB Pembina Tingkat Nasional, MIMI Institute, HWDI, Komunitas Relawan Garis Depan.

Dalam sambutannya  Deputi Bina Tenaga dan Potensi Basarnas mengungkapkan bahwa Kita Harus memiliki kewaspadaan terhadap potensi- potensi musibah yang ada disekitar kita, dan memahami apa yang kita lakukan saat menghadapi kondisi kedaruratan. Sesuai Amanah UU Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ( Basarnas ) memiliki Kewajiban untuk memasyarakatkan SAR ke semua kalangan di seluruh penjuru tanah air, salah satunya dengan kegiatan SAR Goes To School.

Upaya membangun karakter Bangsa dan pencegahan di Bidang SAR ( SAR Preventive ) dengan sasaran para pelajar disegala level baik yang berkebutuhan khusus ataupun tidak. Hingga mereka dapat memahami pengetahuan dan pemahaman SAR secara menyeluruh. melalui kegiatan sar goes to school ini, kelak anak-anak kita memiliki wawasan yang luas, rasa kepedulian terhadap sesama, dan mental yang tangguh ketika menghadapi berbagai jenis kondisi kedaruratan yang terjadi di lingkungannya, selain itu, kegiatan ini juga menjadi langkah awal basarnas dalam membangun budaya sar di tanah air.

Direktorat Bina Potensi menginisiasi pengadaan buku sar goes to school versi braille untuk tingkat tk/sd, smp dan sma. materi yang disampaikan berupa pengetahuan dan keterampilan dasar di bidang pencarian dan pertolongan agar mereka dapat menyelamatkan diri sendiri, atau mampu memberikan bantuan dasar kepada orang-orang di sekitarnya saat terjadi keadaan darurat.

Penerbitan buku sar goes to school versi braille sudah dilaksanakan sejak tahun 2018, dan masih belum selaras bagi pengguna buku tersebut. oleh karena itu pada tahun anggaran 2020 ini direktorat bina potensi melaksanakan revisi buku sar goes to school versi braille untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Buku sar goes to school versi braille ini bisa lebih komunikatif dan aplikatif, sehingga sasaran kegiatan ini dapat tercapai dengan baik.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
27 July 14:00 WIB